Pages

Sabtu, 21 Mei 2011

Peluang Pasar Tanaman Hias Terbuka Lebar

 CIANJUR, (PRLM).- Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat Endang Suhendar mengatakan, potensi dan peluang pasar tanaman hias dan bunga saat ini masih sangat besar. Sebab permintaan konsumen cenderung meningkat bersamaan dengan semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan dan terus bertambah, seperti bertambahnya rumah, kantor, dan hotel.

"Ini peluang bagi petani tanaman hias untuk tingkatkan produksi. Sebab meningkat kebutuhan itu memerlukan suplai bunga dan tanaman hias, sehingga produksi perlu ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya," ujar Endang mewakili Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada acara pembukaan pameran bunga memperingati HUT Taman Bunga Nusantara ke 15 di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Kamis (23/9).

Dia mengatakan, kontribusi produksi bunga dan tanaman hias Jabar terhadap nasional berasal dari daerah Cianjur, Bogor, Sukabumi, dan KBB. Dari empat daerah itu, paling tinggi produksi adalah Cianjur. Namun melihat produksi yang ada masih perlu dan memungkinkan untuk ditingkatkan.
Jalinan kerjasama pemerintah dan swasta sangat diperlukan, utamanya dalam mengembangkan jenis varietas unggul, menerapkan teknologi terapan dan memperkuat kelembagaan petani. "Saya juga mengharapkan Taman Bunga Nusantara bisa ikut berkiprah, meningkatkan produksi bunga yang memiliki daya saing," ujarnya. (A-116/das)***

source : http://www.pikiran-rakyat.com/node/123076